KRI Pollux - 935 Resmi Perkuat Jajaran TNI Angkatan Laut


Batam,RotasiKepri.com -- KRI Pollux-935 hari ini secara resmi memperkuat jajaran TNI Angkatan Laut, hal tersebut ditandai dalam suatu upacara serah terima, peresmian serta pengukuhan Komandan KRI Pollux-935, yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yang berlangsung di  Galangan Kapal PT. Karimun Anugerah Sejati Tanjung Uncang Batam Kepulauan Riau, Kamis siang (05/8/2021).


Kapal jenis PC 40 meter ini adalah murni hasil karya anak bangsa yaitu PT. Karimun Anugerah Abadi Tanjung Uncang Batam.


Secara resmi  KRI Pollux-935 diserahterimakan dari PT. Karimun Anugerah Abadi Sejahtera kepada TNI Angkatan Laut dalam suatu upacara militer yang dipimpin  langsung oleh Kasal.


Usai pelaksanaan serah terima, Kasal mengukuhkan Mayor Laut (P) Tomy Ronaldy, S.Si.T., M.Tr.Opsla sebagai Komandan KRI Pollux-935 yang nantinya akan memperkuat Pushidrosal di Jakarta.


Kasal dalam sambutannya mengatakan “Pemberian nama kapal Pollux berdasarkan nama bintang yang paling terang dan mudah dikenali dalam rasi bintang Gemini, yang juga merupakan salah satu  dari 20 bintang paling terang dilangit,” tuturnya.


Kasal juga mengatakan “Pembangunan kapal PC 40 meter ini tentunya memiliki makna sangat strategis bagi industri pertahanan Nasional, hal ini  dibuktikan PT. KAS yang telah berhasil dalam pengembangan teknologi industi pertahanan bagi kepentingan Nasional, yang mampu menjadi solusi dalam upaya mengurangi ketergantungan dari Negara lain dalam rangka pengadaan Alutsista TNI Angkatan Laut dimasa mendatang,” ungkapnya.


Kasal juga menambahkan “Luasnya perairan Indonesia yang perlu disurvey, membutuhkan kapal survey yang  tidak sedikit, untuk itu pengadaan kapal PC 40 M yang berfungsi sebagai kapal bantu menjadi solusi dalam pemenuhan kebutuhan tersebut,” jelasnya.


“Ini merupakan suatu prestasi dan pertama kali bagi industri  kapal dalam negeri untuk membuat kapal survey, karena sebelumnya untuk kapal-kapal survey TNI Angkatan Laut pembangunannya selalu dibuat di luar negeri,” pungkasnya Kasal


Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono, Danpushidrosal Laksdya TNI Agung Prasetiawan, M.A.P., berserta ibu, Koorsahli Kasal Laksda TNI Robert Wolter Tappang, S.H., beserta ibu, Asrena Kasal Laksda TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., beserta ibu, Aslog Kasal Laksda TNI Puguh Santoso, S.E., M.M., beserta ibu, Danlantamal IV Laksama TNI Indarto Budiarto, S.E., M.Han., beserta ibu, Kadismatal, Kadissadal, Danguskamla Koarmada I, Komandan Lanal Batam.(RK)

Labels:

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.