Ratusan Mahasiswa Batam Tourism Polytechnic Go Internasional


Keterangan : Kunjungan monitoring Direkrut BTP ke mahasiswa yang sedang PKL di Luar Negeri.
Batam, Rotasikepri.com - Batam Tourism Polytechnic (BTP) merupakan perguruan tinggi selevel D IV sejajar dengan sarjana S1 sampai saat ini sudah berhasil mengantarkan mahasiswa lulusannya untuk bekerja ke luar negeri atau go internasional.

Selain itu, BTP juga berhasil loloskan mahasiswa untuk mengikuti PKL di luar negeri. Seperti di Negara Maldives, USA, Hongkong, dan Japan.

Hal ini diungkap Direktur BTP M. Nur A Nasution, S.Sos., M.Pd., CHA saat menggelar acara silahturahmi bersama awak media di Kampus BTP. Tiban. Kecamatan Sekupang. Kamis, (16/11/2023).

Ia juga mengatakan kebanggaan ini merupakan program keunggulan BTP sesuai dengan taq line "Sebelum Lulus, Uang Kuliah Sudah Kembali".

"Hampir ratusan mahasiswa lulusan sini sudah bekerja maupun PKL di luar negeri yang pastinya menerima gaji, dengan begitu mereka bisa mengumpulkan modal untuk dapat melanjutkan sebagai seorang pengusaha (Enterpreneur)," ucap Nur

Lanjut kata Nur, dengan begitu BTP sukses melahirkan mahasiswa yang siap bersaing di dunia pekerjaan sampai ke mancanegara," ujarnya.

Keterangan : Direktur Batam Tourism Polytechnic, M. Nur A Nasution saat jumpa pers dalam acara silaturahmi di Ruang Rapat BTP. Tiban. Kecamatan Sekupang. Kamis, (16/11/2023).
Dari tahun 2015, Universitas BTP sudah bekerja sama dengan ratusan hotel dari beberapa negara dalam penempatan tenaga kerja. Dimana, Mahasiswa semester tiga akan dikirim ke luar negeri dengan melalui tahapan-tahapan penyaringan dari pihak hotel yang telah bekerja sama dengan BTP.

Setelah itu, mahasiswa yang mengikuti PKL tidak tutup kemungkinan secara langsung menjadi karyawan tetap di tempat mereka PKL.

"Banyak juga mahasiswa kita yang sedang mengikuti PKL langsung dijadikan karyawan tetap di luar negeri. Dengan begitu, mahasiswa yang sedang kuliah sebelum lulus udah bekerja," kata Nur.

BTP yang memiliki tiga prodi, yaitu Management kuliner, divisi kamar, dan tata hidang. Pada tahun ini sekitar 80 mahasiswa telah mencoba mendaftar ke hotel di luar negeri.

Bahkan, dalam Bulan Desember tahun 2023. Kapal pesiar Cruise dari Apollo Group akan berkunjung ke BTP dalam rangka perekrutan mahasiswa yang ingin bekerja di kapal pesiar.

"Bulan Desember ini, BTP akan kedatangan Group Apollo dalam perekrutan. Maka dari itu, mahasiswa BTP berhak memilih kemana tujuannya untuk PKL," ujar Nur lagi.

Keterangan : Makan bersama mahasiswa yang sedang PKL di luar negeri.
Nur juga menyampaikan ketika mahasiswa ke terima PKL di luar negeri, mahasiswa tersebut hanya mengeluarkan biaya ongkos dan untuk tempat tinggal tergantung dimana mereka akan PKL. Terkadang pihak Hotel menyediakan mes terkadang tidak," jelasnya.

"Kita management BTP akan selalu memonitoring mahasiswa yang sedang PKL di luar negeri maupun dalam negeri. Agar para orang tua mahasiswa tidak khawatir." Imbuh Nur.

Perlu diketahui saat ini BTP telah memiliki 800 mahasiswa aktif maupun alumni, yang mana hampir 70% mahasiswa berasal dari Kota Batam.

Hebatnya lagi, mahasiswa BTP selain dapat bersaing di dunia lapangan pekerjaan sampai ke mancanegara. Mahasiswa BTP juga telah banyak meraih mendali emas di berbagai ajang perlombaan.

Diantaranya, ajang bergensi "La Cuisine Competition" yang diselenggarakan pada tanggal 8 s/d 11 November 2023 mahasiswa BTP berhasil meraih mendali emas. Itu bukti nyata bahwa BTP dapat melahirkan mahasiswa yang Profesional dan berjiwa Entrepreneur.

Universitas BTP juga saat ini sudah membuka program S2 bidang pengembangan pariwisata, selain program S1 dari tiga prodi. Dan telah bekerjasama dengan beberapa Pemerintah Daerah dalam penerimaan mahasiswa baru, seperti Pemda Siak, Rohil dan Natuna. (Red)

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.