Prajurit Lanal Tanjung Balai Karimun Berjibaku Padamkan Karhutla



RotasiKepri.com ( Karimun) – Pangkalan TNI Angkatan Laut  Tanjung Balai Karimun (Lanal Tanjung Balai Karimun) mengerahkan Prajuritnya untuk membantu memadamkan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Kelurahan Teluk Uma samping Komplek Griya Praja KecamatanTebing Karimun Kepri, dua hari yang lalu.


Kebakaran hutan seluas kira-kira  10 hektar itu awalnya terlihat sekitar pukul 18.30 Wib di kaki bukit lahan hutan atau berada di bawah/kaki bukit sekitr 75 meter dari dasar Komplek Griya Pratama, kemudian sekitar pukul19.00 Wib Api mulai menjalar secara perlahan mendekat Komplek Griya Pratama.


Sekitar pukul 20.15 Wib 1 unit mobil Damkar Pemkab. Karimun tiba dilokasi Komplek Griya Pratama, beserta Anggota Satpol Pamong Praja, tidak lama berselang 1 Tim Prajurit Lanal TBK tiba juga dilokasi tersebut yang dipimpin oleh Letda Laut (PM) Agus Susanto dan Letda Laut (E) Oni Dwi Fasyaton untuk selanjutnya bergerak cepat membantu pemadaman bersama-sama Petugas Damkar, Satpol PP Pemkab. Karimun, Babinpotmar Lanal TBK, Babinsa dan masyarakat setempat.


Walaupun lokasi kebakaran tersebut medannya cukup sulit untuk dilalui mobil Damkar dan mobil truk Truck Lanal TBK, namun karena kerja keras dan kerjasama berjibaku memadamkan api tersebut akhirnya   selama 4 jam api dapat dipadamkan


Komandan Lanal TBK Letkol Laut (P) Maswedi, M.Tr.Opsla., mengatakan “Pada musim panas saat ini kita harus lebih waspada karena rentannya kebakaran hutan dan lahan karena banyak ilalang, rumput dan ranting yang kering,” tuturnya.


Danlanal TBK juga mengatakan “Selain menerjunkan Prajuritnya, Lanal TBK juga mengerahkan 1 unit truk air berkapasitan 5 ton yang memang selalu disiagakan sewaktu-waktu terjadi Karhutla,” jelasnya.


“Ini merupakan salah satu bentuk peran aktif kami dalam membantu dan mencegah kebakaran hutan dan lahan,” pungkasnya.(@dispen_lantamal iv).( RK) 





Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.