Keramba Jaring Apung (KJA) di Perairan Danau Toba Dibongkar, Pemilik Dapat Kompensasi




Simalungun,RotasiKepri.com --  Akhirnya Pemkab Simalungun menertibkan Keramba Jaring Apung (KJA) di Perairan Danau Toba. 


Dari sebanyak 976 KJA, tahap pertama Pemkab Simalungun menertibkan sebanyak 171 KJA di perairan Danau Toba tepatnya di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Sumut


"Hari ini  171 KJA ditertibkan dari total 976  KJA yang ada di Perairan Danau Toba, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Sumut” kata Camat Girsang Sipangan Bolon Maruwandi Simaibang


Dijelaskan Maruwandi, terkait penertiban ini,  masyarakat pemilik KJA akan mendapatkan konpensasi dari Pemerintah Kabupaten Simalungun.


“Hari ini penertiban KJA sekaligus pemberian kompensasi kepada masyarakat, nanti konpensasi akan disampaikan secara simbolis kepada 8 orang sebanyak 55 juta” ucap Camat Girsang Sipangan Bolon, .


Maruwandi mengatakan, penertiban KJA dilakukan secara bertahap atas permintaan masyarakat sendiri, yang dimana diketahui bahwa mayoritas masyarakat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon bergantung hidupnya dari KJA.


Maruwandi menerangkan, bahwa mayoritas masyarakat pemilik KJA sudah menerima dan setuju untuk penertiban kali ini. Namun dengan syarat Pemerintah harus mengganti seluruh investasi masyarakat di dalam KJA tersebut.


Kita sudah melakukan pendekatan secara humanis dengan masyarakat, secara umum masyarakat menerima asal dengan metode konpensasi yang menganti rugi segala investasi yang mereka sudah investasikan” terang Camat Girsang Sipangan Bolon.


Sementara itu, salah seorang pemilik KJA Paian Sinaga mengatakan, menerima atas program pemerintah dalam penertiban KJA. Dikatakannya, masyarakat menerima program tersebut karena ada konpensasi dari Pemerintah.  


Bupati Simalungun Jopinus Ramli Saragih dalam sambutannya mengatakan, bahwa program pembersihan KJA ini adalah program pemerintah pusat, yang sudah dicanangkan pada tahun 2019 lalu. Dengan ini, Pemkab Simalungun akan mulai menertibkan KJA dengan memberikan konpensasi kepada pemilik KJA, sesuai dengan permintaan masyarakat.


Masyarakat meminta konpensasi, dengan alasan bahwa masyarakat masih punya utang saat pembuatan KJA, seperti pembelian jaring, besi, drum, dan kami menuruti apa yang diminta masyarakat. Dan kami berikan hari ini juga,” ungkap JR Saragih


Kemudian untuk yang belum dibayarkan pasti akan dibayarkan melalui rekening, koordinasikan saja kepada pangulu, camat, Danramil dan Kapolsek, pasti akan dibayarkan,” tegasnya


Sementara, untuk bekas pembongkaran, seperti besi, jaring dan drum KJA, JR Saragih membebaskan masyarakat mempergunakannya untuk dijadikan kandang ternak ayam. Dan dijanjikannya, Pemkab Simalungun juga akan memberikan bantuan ternak ayam kepada masyarakat sekitar.


Pemerintah akan memberikan bantuan ternak ayam. Sekalipun saya tidak lagi bupati, saya sendiri nanti yang akan memberikan bantuan ternak kepada masyarakat disini,” cetus JR disambut tepuk tangan masyarakat.


Sementara, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Simalungun Ueki Damanik mengatakan, bahwa biaya konpensasi terhadap para pemilik KJA diberikan sebesar Rp5 juta setiap satu KJA, dengan ukuran 6×6 meter.


Kemudian, target Pemkab Simalungun sendiri untuk pembersian KJA akan ditertibkan sebanyak 40 persen dari keseluruhan KJA. “Konpensasi pasti diberikan, dan target pembersian masih berlangsung sampai mencapai 40 persen,” tutur Kepala BPBD Simalungun itu


Ueki Damanik berharap, dengan berjalannya program penertiban KJA ini, Danau Toba bisa semakin diminati oleh wisatawan lokal ataupun internasional. Salah seorang pemilik KJA, Paian Sinaga mengaku, menerima atas program pemerintah dalam penertiban KJA.


Dikatakannya, masyarakat menerima program tersebut karena ada konpensasi dari pemerintah. Dalam acara pembersian KJA dan pemberian konpensasi terhadap pemilik KJA, Kapolda Sumatera Utara Panca Putra Simanjuntak dan Pangdam I/Bukit Barisan Hasanuddin, turut menyaksikan pembersihan dan pemberian konpensasi tersebut. (RK - taman)

Labels:

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.