Cegah Konflik Sosial Di Wilayah Kodim 0316 Batam , Komandan Intelad : Harus Ada Peran Serta Seluruh Komponen Masyarakat



Batam,Rotasikepri.com -- Kodim 0316 Bukit Barisan Batam mengelar acara kegiatan Binkom dalam mengantisipasi konflik sosial di Kota Batam khususnya di wilayah kodim 0316/Batam di Kelurahan Seraya , Batu Ampar ,Selasa (12/04/2022) Pagi hari.


Bertema " Peran Seluruh Komponen Masyarakat Dalam Mencegah Konflik Sosial Di Wilayah Kodim 0316/Batam " , kegiatan ini dipimpin langsung oleh Dandim 0316 BB / Batam, Bapak Letkol Kav, Sigit Dharma Wiryawan, S.H dan didampingi oleh Ketua Tim Pelaksana Binkom dari utusan Intelad Pusat Bapak Letkol Tengku Arh Tengku Sony Sonata,dengan pembawa materi atau narasumber Bapak AKP Budi Tambunan selaku Wakasat Intelkam Polresta Barelang serta Bapak Abdul Malik M.Si. dari Kesbanpol Kota Batam dan dihadiri kurang lebih 50 peserta.


Kegiatan ini di buka oleh Bapak LetKol Sigit dengan beberapa pantun dan beliau juga menyampaikan bahwasanya kota kita ini terdiri dari berbagai bangsa oleh karena itu kodim 0316 BB /Batam sudah melaksanakan arahan dari pusat untuk membuka kampung Pancasila yaitu di daerah Batam Center.


"Saya ucapkan selamat datang pada tim dan peserta , semoga apa yg disampaikan dapat dipahami oleh peserta"tutupnya.


Ketua Tim Binkom Intelad Pak Tengku juga menambahkan dengan menyampaikan pesan dari Komandan Intelad Pusat dimana mengatakan bahwa situasi kita saat ini sedang mengalami beberapa gejolak konflik sosial dilingkungan kita , konflik juga bisa datang dari segi mana saja , akan tetapi kita bersyukur kepada aparat keamanan yang segera bisa mengatasinya, dimana juga konflik yang terjadi bukan semata-mata hanya urusan aparatur keamanan tetapi butuh bantuan dari komponen masyarakat untuk bisa ikut serta dalam mencegah konflik di tengah-tengah lingkungan kita, tutup nya. 


Adapun Pokok Materi yang disampaikan dalam kegiatan ini adalah penyebab terjadinya konflik sebagai berikut :
1. Ada nya perbedaan perasaan dan pendirian antar individu atau sekelompok yang semakin tajam
2.Perubahan Sosial yang terlalu cepat sehingga menyebabkan disorganisasi dan perbedaan pendirian mengenai sistem nila yang baru
3. Perbedaan kebudayaan yang mempengaruhi pola pikir dan tingkah laku individu dalam kelompok budaya tertentu
4. Benturan kepentingan antara individu atau kelompok.


Dan strategi penanganan konflik yang terjadi yaitu dengan pencegahan , penghentian dan pemulihan pasca terjadinya konflik tersebut.

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.