Siantar Pintu Gerbang Jalur Melintasnya Pejabat Negara & Peserta W20 Menuju Kawasan Danau Toba,


Rapat Kooordinasi Pemko Siantar dengan Fokopimda
Siantar,Rotasi Kepri.com -- Pemerintah Kota (Pemko) bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Siantar bersiap menyambut event internasional, Women 20 (W20) Summit yang akan digelar di kawasan Danau Toba, 18-21 Juli 2022.

Kota Siantar turut bersiap karena rombongan delegasi dan peserta W20 Summit dijadwalkan akan melintas di Kota Siantar menuju kawasan Danau Toba. Untuk itu digelar rapat koordinasi persiapan jalur di ruang data Pemko Siantar, Senin (11/7/2022).

Plt Wali Kota Siantar Susanti Dewayani dalam sambutannya yang disampaikan Sekda Budi Utari Siregar mengatakan, Siantar adalah pintu gerbang jalur melintasnya pejabat negara dan peserta W20 menuju kawasan Danau Toba.

Dalam rapat tersebut, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan Dinas Kesehatan diminta stand by serta patroli di kecamatan ditingkatkan.

“Jangan menganggap remeh kegiatan ini, Kota Siantar merupakan jalur lintas para rombongan Women Twenty. Apa yang kita putuskan hari ini, agar kita laksanakan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab, demi terwujudnya Kota Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas,” katanya.

Kapolres Siantar AKBP Fernando menyampaikan kegiatan itu untuk memberikan gambaran kepada pimpinan terkait kesiapan Polres dalam pengamanan jalur lintas penyelenggaraan W20. Juga sebagai pedoman menentukan kebijakan strategis, khususnya menyangkut kesiapan personel guna menjamin rasa aman dan nyaman.

“Juga kemungkinan terjadinya tindak perusakan atau pelemparan terhadap rombongan yang melintas di Kota Siantar. Termasuk terjadinya aksi unjuk rasa dengan cara memblokir jalan yang di lintasi rombongan, terjadinya kemacetan arus lalu lintas di rute yang dilalui rombongan W20,” terangnya.

Oleh sebab itu, Fernando meminta agar Plt Wali Kota melalui Sekda bekerja sama dengan Kementerian PUPR untuk segera memperbaiki jalan yang berlubang dan traffic light. 

“Akan kita siapkan dua pos, yaitu Pos Sigagak dan Pos Simpang Dua. Pos ini agar dilengkapi mobil derek,” katanya. 

Fernando menambahkan, rangkaian kegiatan W20 Summit dilaksanakan di Hotel Niagara Parapat, Kaldera, Ajibata, Ambarita dan Huta Siallagan Samosir. Dia juga mengharapkan agar rumah sakit mendukung W20 Summit, yaitu RS Horas Insani, RS Vita Insani, RSUD Djasamen Saragih, dan RS Harapan.

“Dan yang perlu diantisipasi kalau pesawat sampai malam, maka penerangan jalan tolong juga dicek,” kata Fernando yang berpesan agar pada hari Selasa (12/7/2022) dilakukan gladi pengamanan W-20, dengan titik kumpul di Ruang Data Pemerintah Kota Siantar.

Dandim 0207/Simalungun diwakili Kapten Inf Rahmad menyampaikan, pihaknya siap mendukung segala kegiatan. Sebab event ini menyangkut nama baik negara.

Kajari Siantar Jurist Precisely menerangkan, W20 Summit merupakan kebanggaan, karena momen ini sangat berharga. Ia mengharapkan supaya dibatasi truk-truk yang melintasi jalur Parapat, mengingat kondisi jalan yang sempit.

Kabag Ops Polres Siantar Kompol Muri Yasnal menambahkan, sesuai hasil survei yang dilakukan dari jembatan Sigagak hingga Mesjid Al Hadi Jalan Parapat, ada beberapa ruas jalan yang perlu diperbaiki.

“Banyak rambu jalan yang tidak ada dan tertutup pohon. Sepanjang Jalan Sutomo dan Merdeka adalah jalan alternatif, tetapi harus tetap kita antisipasi manakala jalur tersebut yang dilintasi,” tukasnya.

Kasatpol PP, Robert Samosir menerangkan personelnya disiapkan untuk mengisi tiap-tiap titik. Ia meminta empat rumah sakit yang menjadi rujukan disurati untuk mempersiapkan ruangan khusus.

Wadan Denpom I/1 Siantar Mayor CPM Antonius Sembiring meminta semua pihak mendukung kegiatan tersebut. 

“Tolong apa-apa yang telah disampaikan agar secepatnya kita kerjakan agar tidak terjadi kesalahan saat kegiatan,” tandasnya. (taman)

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.