Prajurit Yonmarhanlan IV Tanjungpinang Mengikuti Latihan Penegakan Hukum Dilaut


Tanjungpinang,Rotasikepri.com -- Dalam rangka menambah wawasan pengetahuan di bidang hukum, khususnya Kitab Undang -Undang Hukum Pidana Militer (KUHPM) dan memahami pasal demi pasal, baik Hukum Laut maupun Hukum Disiplin Militer, segenap prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) IV Tanjungpinang mengikuti pembekalan Hukum di lingkungan TNI Angkatan Laut, bertempat di Lapangan Apel Lantamal IV Jl. Batu Hitam, Tanjungpinang, Kepri, Senin (08/08/2022).

Pembekalan yang diberikan Kadiskum Lantamal IV Letkol Laut (KH) Abriadi, S.H., M.M., bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pendalaman Undang-Undang yang berlaku di lingkungan TNI dan tentang hukum disiplin militer.

Kadiskum Lantamal IV juga menyampaikan dengan adanya pengarahan bidang hukum ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih luas sehingga pada pelaksanaannya prajurit TNI AL khususnya prajurit di jajaran Lantamal IV dapat lebih teliti saat menghadapi permasalahan dan memilih pergaulan di luar jam dinas.

Berdasarkan undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, dalam pasal 9 disebutkan salah satu tugas TNI Angkatan Laut adalah menegakkan hukum dan menjaga keamanan di wilayah laut yuridiksi nasional sesuai dengan ketentuan hukum nasional dan hukum internasional yang telah diratifikasi. Selanjutnya kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 08 sampai dengan 11 Agustus 2022 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Pada kesempatan tersebut Danyonmarhanlan IV Tanjungpinang Letkol Marinir Kemal Mahdar, S.H.,M.Tr.Opsla saat dikonfirmasi mengatakan bahwa setiap prajurit TNI AL harus mengetahui tentang penegakkan hukum keamanan laut, diharapkan bagi peronel khususnya Prajurit Yonmarhanlan IV untuk mampu memahami organisasi dan prosedur penyelenggara operasi keamanan laut di wilayah kerja Lantamal IV. Minimal dapat memahami ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku yang berkaitan dengan tugas pokok dan Fungsi Yonmarhanlan IV.

Danyon juga menambahkan bahwa dengan adanya latihan ini diharapkan prajurit Yonmarhanlan IV mampu meningkatkan edukasi pengetahuan, khususnya di bidang hukum laut serta keterampilan di bidang penyidikan, sehingga nantinya mampu menangani dan memproses perkara tindak pidana tertentu secara professional. Tutupnya.( Charly) 

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.