Banjir di Perumahan Citra Batam, Pollux Habibie akan Kebut Penyelesaian Drainase


Keterangan : PT Pollux Barelang Mega Super Blok bersama PU Kota Batam akan Kebut Penyelesaian Drainase 
Batam, Rotasikepri.com - PT Pollux Barelang Mega Super Blok selaku pengelola Apartemen Pollux Habibie dan kawasan komersial ruko Mega Super Blok Meisterstadt Pollux Habibie, mengebut penyelesaian pipa saluran safety dinding penahan tanah (DPT) yang seharusnya mengalir ke saluran drainase kota.

Hal ini dilakukan guna menanggulangi penyebab banjir di perumahan sekitar bangunan Pollux saat hujan turun.

General Manager Apartemen Pollux Habibie, Aris Setiawan mengungkapkan permohonan maaf kepada warga Perumahan Citra Batam yang terdampak dan sudah melakukan komunikasi yang baik kepada perangkat RW maupun RT di Perumahan tersebut

Keterangan : Apartemen Pollux Habibie dan kawasan komersial ruko Mega Super Blok Meisterstadt Pollux Habibie
Masih Kata Aris. "Kita (Management Pollux) hari ini. Rabu, 12/07/2023. Sudah langsung mengambil tindakan di lapangan perihal pipa saluran ini bersama-sama dengan Kontraktor PU Pemko Batam untuk menyelesaikan saluran dan drainase, yang menyebabkan banjir ketika hujan panjang dan menyebabkan debit air naik," ujarnya kepada pewarta. Kamis, (13/7/2023) melalui laman Whatshap.

Saat ini proses pengerjaan, lanjut kata Aris. Seperti diketahui, curah hujan yang tinggi menyebabkan debit air banyak dan air jenuh tersebut mengalir lewat pipa safety DPT yang berbatasan dengan perumahan yang berbatasan dengan Pollux Habibie. Maka dari itu pekerjaannya akan kita kebut," jelasnya.

"Debit air hujan besar dan pada hari itu hujan panjang dari sekitar subuh sampai sore hari tidak berhenti, sementara daya tampung drainase di perbatasan belakang Pollux Habibie dengan perumahan sebelah melebihi kapasitas, sehingga terjadi genangan dan meluap. Manajemen mohon maaf atas kejadian tersebut," ujar Aris.

Keterangan : Penampakan banjir di sebabkan tersumbatnya aliran air menuju drainase kota
Dari manajemen Pollux Habibie, kata Aris, berusaha membuat pipa safety DPT tersebut masuk ke saluran drainase kota. "Tanah Pollux Habibie lebih tinggi dari perumahan sebelah. Supaya tidak longsor, air jenuh harus dialirkan melalui pipa safety DPT. Dan kita pihak manajemen terus berkoordinasi dengan pihak kontraktor PU, dimana kendala kita pelebaran jalan dimana untuk drainase kota sedang dalam tahap pembangunan, untuk mendapatkan koneksi saluran Kawasan Meisterstadt Batam ke Drainase Kota Batam" terang Aris.

Saat ini juga, kata Aris, seputaran daerah dari depan Meisterstadt Batam, Pandora dan juga Greenland Batam Centre sedang tahap pembangunan drainase kota dan juga pelebaran jalan. Sehingga, debit air yang masuk ke saluran drainase tidak berjalan lancar. Akibatnya, air menggenangi beberapa rumah sebelah yang berhadapan langsung dengan DPT. 

Seperti diketahui, tanah miring atau tanah tinggi harus ada DPT sebagai penahan tanah longsor dan DPT perlu adanya lobang pembuangan air mengalir untuk membuang air yang tertampung agar tidak menjadi jenuh, dan pipa pembuangan air ini untuk safety DPT dan lingkungan sekitar. (Red)

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.