Kecamatan Batu Ampar Sukses Menggelar Musabaqah Tilawatil Qur'an & Hadits Ke-12


Keterangan : Acara Musabaqah Tilawatil Qur'an dan Hadist (MTQH) Ke- 12 Kecamatan Batu Ampar di Masjid Darul Ihsan. Kelurahan Tanjung Sengkuang. Kamis, (8/2/2024)

Batam, Rotasikepri.com - Kecamatan Batu Ampar sukses mengelar Acara Musabaqah Tilawatil Qur'an & Hadits (MTQH) yang ke- 12 di Masjid Darul Ihsan. Kelurahan Tanjung Sengkuang.

Kesuksesan tersebut terlihat dari pembukaan pada Selasa Malam, (6/2/2024) hingga acara penutupan yang bertepatan di hari peringatan Isra Mi'raj 1445 H. Kamis, (8/2/2024).

Namun, acara MTQ tahun ini juga sedikit berbeda dengan tahun lalu, terlihat dari perlombaan kaligrafi, dimana tahun lalu diikuti hampir full peserta di setiap kategorinya.

"Peserta yang mengikuti lomba tahun ini sebanyak 144 orang, berbeda dengan tahun lalu dengan total peserta sebanyak 200 orang," ungkap Sekretaris Kecamatan Ulik Mulyawan kepada wartawan.

Keterangan : Penyerahan piala bergilir MTQ tingkat Kecamatan Batu Ampar kepada Kelurahan Tanjung Sengkuang 

Akan tetapi, kata sekcam melanjutkan, MTQ tahun ini ada perlombaan hadist yang nantinya pemenang bisa kita ikuti ke tingkat kota.

"Perlombaan Hadist tahun ini kita laksanakan, dimana nantinya pemenang lomba bisa mengikuti MTQ tingkat kota," ujar Sekcam.

Seperti biasanya, dalam MTQ ada beberapa cabang perlombaan yang dilaksanakan, yaitu meliputi, Tartil putra dan putra, tilawah putra dan putri dari anak-anak, remaja hingga dewasa, serta hapalan hadits putra dan putri.

Selain itu, ada juga perlombaan hapalan Al Qur'an putra dan putri dari juz 1, 5, 10, 20, dan 30, serta seni kaligrafi Al Qur'an putra dan putri dari naskah, hiasan mushaf hingga dekorasi dan kontemporer dan Stand Bazar tiap Kelurahan Se-Kecamatan Batu Ampar.

"MTQ ini bukan sekedar ajang prestasi, akan tetapi dapat menjadi tauladan bagi peserta di kehidupan sehari-harinya," imbuh Sekcam.

Selanjutnya, di malam penutupan MTQ Kecamatan Batu Ampar sang juara bertahan dalam hal pelaksanaan MTQ tingkat Kelurahan Se- Kecamatan dari Kelurahan Sungai Jodoh kini beralih ke Kelurahan Tanjung Sengkuang yang juga sebagai tuan rumah pelaksanaan.

Keterangan : Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam Tri Wahyu Rubianto saat wawancara usai Acara MTQ Kecamatan Batu Ampar.

Dalam kesempatan ini juga, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Tri Wahyu Rubianto yang mewakili Walikota mengatakan,

"Selamat bagi para pemenang, perlu diketahui apa yang mereka raih pada malam hari ini merupakan hasil kerja keras bersama timnya, nah tentu diluar ini kita harapkan adalah terbentuknya SDM yang Qur'ani," ujar Kadis.

Lanjut kata kadis, pemenang - pemenang ini ialah para kafilah yang nantinya dapat mewakili Kecamatan Batu Ampar untuk bertanding ke tingkat kota.

"Bagi yang kalah jangan berputus asa dan berkecil hati, teruslah berusaha yang nantinya akan menjadi pemenang. Dan untuk pemenang, agar lebih ditingkatkan lagi serta terus belajar untuk nantinya dapat bersaing di tingkat kota maupun Provinsi hingga nasional," imbuh Kadis.

Selain, Kadis Pendidikan Kota Batam turut hadir juga dalam acara, Camat Batu Ampar Ridwan Nur Salatsa, Kapolsek Batu Ampar Kompol Dwihatmoko Wiroseno dan Dewan DPRD Kota Batam Asmawati Atiq serta seluruh lurah dan tokoh-tokoh masyarakat maupun agama Se- Kecamatan Batu Ampar. (Red)

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.