Wujudkan Pelabuhan Peti Kemas di Batam, ALFI dan Persero Teken MoU Program Logistik


Foto : Ketua DPC ALFI Kota Batam Apin Maradonald (kiri baju putih) dan Direktur Persero Batam Arham S Torik (kanan baju batik) menandatangani MoU di Sekretariat DPC ALFI Kota Batam. Selasa, (26/3/2024).
Batam, Rotasikepri.com - Persero Batam dan Assosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI/ILFA) DPC Batam mengelar penandatangan kerjasama (MoU) untuk kegiatan logistik Kota Batam di Sekretariat DPC ALFI Kota Batam. Selasa, (26/3/2024).

Kerjasama ini merupakan upaya mendukung Ekosistem Logistik Nasional (NLE) dan Ekosistem Logistik Batam (BLE) serta mewujudkan transformasi pelabuhan Batu Ampar menjadi Pelabuhan Modern Terminal Peti Kemas.

Selain itu, kerjasama ini akan menitik beratkan di bidang pelayanan jasa pengangkutan dan pengantaran peti kemas melalui sebuah aplikasi teknologi Logistika yang disediakan oleh Persero Batam bekerjasama dengan ALFI/ILFA DPC Batam sebagai wadah para pelaku penyedia armada angkutan.

Keduanya akan bersama-sama melakukan kerjasama dalam menciptakan ekosistem Logistik di Pulau Batam, agar seluruh pelaku bisnis logistik maupun pengguna jasa logistik dapat memantau posisi layanan secara realtime online.

Dimana per tanggal 1 November 2023 yang lalu, Persero Batam dipercayakan oleh BP Batam sebagai Pengelola Pelabuhan Peti Kemas Batu Ampar, akan menghadirkan Aplikasi Teknologi Logistika untuk kegiatan Peti Kemas bagi para pelaku bisnis logistic maupun pengguna jasa logistik.

Foto Istimewa
Logistika yang dikembangkan oleh Persero Batam dapat terintegrasi dengan sistem layanan pelabuhan terminal petikemas Batu Ampar seperti BSIM /I- BOS / BTOS / AGS telah berjalan. Disamping itu, Logistika yang sedang dikembangkan adalah system pemesanan armada trailer untuk melakukan kegiatan bongkar dan muat peti kemas dari kapal maupun pelayanan keluar dari CY ke Customer di seluruh area Pulau Batam.

Kegiatan penandatanganan ini berjalan cukup santai, namun berarti. Dimana, dalam kesempatan Ketua ALFI/ILFA DPC Batam Apin Maradonald beserta anggota menyambut baik kerjasama ini.

Ia juga berharap agar kerjasama ini dapat membantu pihak BUP dan BP Batam untuk memonitor arus volume logistik yang berkembang, terutama yang melalui pintu laut, khusunya dari Pelabuhan Batu Ampar.

"Semoga kerjasama antara Persero Batam dengan ALFI dengan program logistika dapat mendukung program-program pemerintah dalam mewujudkan tranformasi pelabuhan Batu Ampar sebagai pelabuhan peti kemas. Sehingga, dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Kepri, khususnya Kota Batam untuk menuju Indonesia Emas 2045," ujar Apin saat diwawancarai usai kegiatan penandatanganan.

Foto : Persero Batam dan DPC ALFI Kota Batam menggelar penandatanganan kerjasama (MoU) di Sekretariat ALFI Kota Batam. Selasa, (26/3/2024).
Selain itu, dikatakan Apin, pihaknya akan melakukan peningkatan standarisasi baik dari segi sumberdaya manusia maupun segi kendaraan serta keahlian.

"Nantinya kita juga akan melakukan sertifikasi untuk para supir, sehingga dapat mengurangi angka kecelakaan yang disebabkan oleh truk trailer dengan menghadirkan supir-supir berkualitas dan sudah dijamin keahliannya," tambah Apin.

Disamping itu, kata Apin melanjutkan, kerjasama sama ini juga merupakan langkah-langkah menjaga kearifan lokal yang telah dilakukan para forwarder sejak dulunya serta menjaga persaingan antara pelaku usaha jasa pengangkutan.

"Kedepannya, dengan kerjasama ini dapat menjamin para pelaku jasa lama jangan sampai tereliminasi, dan tidak terjadinya persaingan antara pelaku jasa lama dan baru. Dimana asosiasi ini dapat berfungsi sebagai wadah resmi bagi para pelaku jasa yang notabenenya sudah lama berjasa di pelabuhan," tuturnya.

Diakhir kata Apin juga mengatakan, apa yang sudah menjadi program-program bersama dengan Persero, akan segera di sosialisasikan kepada para pelaku jasa pengangkutan lain, agar cepat terealisasi.," imbuhnya.

Kerjasama program logistik ini secara langsung ditandatangani oleh Direktur Persero Batam, Arham S Torik dan Ketua DPC ALFI Kota Batam Apin Maradonald yang didampingi Ketua Umum DPW ALFI Kepri Sunadi S.H dan Sekretaris Umum DPW ALFI Kepri Golan Hasan dengan disaksikan oleh beberapa anggota ALFI serta Staf Persero Batam. (Red)

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.