Tahun 2023, Kasus Kekerasan Seksual Anak Meningkat di Kota Batam


Keterangan : Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri N (kiri) didampingi oleh Waka Polresta Barelang AKBP Syafrudin Semidang Sakti (kanan) pimpin langsung acara rilis akhir tahun Polresta Barelang di Lantai 3 Mako Polresta Barelang. Kamis, (28/12/2023).
Batam, Rotasikepri.com - Dalam rilis akhir tahun 2023, Polresta Barelang mencatat kasus kekerasan seksual anak meningkat dari tahun lalu.

Hal ini dipaparkan Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri N yang didampingi oleh Waka Polresta Barelang AKBP Syafrudin Semidang Sakti melalui Kasat Reskrimnya Kompol Dwi Ramadhanto saat Agenda Rilis Akhir Tahun Polresta Barelang di Lantai 3 Mako Polresta Barelang. Kamis, (28/12/2023).

"Sebanyak 226 kasus kekerasan seksual anak yang ditangani sepanjang tahun 2023 ini mengalami peningkatan dari tahun lalu," papar Kasat Reskrim.

Selain itu, untuk kasus tertinggi yaitu kasus pencurian dengan total 411 kasus, penipuan 351 kasus, penggelapan 157 kasus, PMI 54 kasus dan TPPO 11 kasus," terang Kasat.

Peningkatan ini juga dialami Satresnarkoba Polresta Barelang yang berkomitmen dalam memberantas peredaran narkotika di Kota Batam.

Dimana dalam catatannya, Satresnarkoba telah berhasil menangani 71 kasus peredaran gelap narkotika dengan total tersangka 113 orang.

"Sepanjang tahun 2023, tim berhasil mengamankan barang bukti narkotika jenis sabu seberat 118.217,37 gram, ganja seberat 4.386,64 gram, kokain 2.037 dan ekstasi 1.872 butir," papar Kasat Resnarkoba Kompol Rayendra Arga Prayana .

Keterangan : Kasat Reskrim Polresta Barelang Kompol Dwi Ramadhanto saat memaparkan capaian kinerja sepanjang tahun 2023.
Hal serupa juga terjadi di Satuan Lalu Lintas Polresta Barelang dengan peningkatan kecelakaan lalulintas mencapai 10 persen dibandingkan tahun lalu.

"Kecelakaan lalulintas di tahun 2023 mengalami peningkatan 10 persen dari tahun lalu. Namun, korban jiwa dalam kecelakaan menurun sebesar 3 persen," ujar Kasat Lantas Kompol Cut Putri Amelia Sari.

Kapolresta Barelang, Kombes Pol Nugroho Tri N mengatakan, terkait meningkatkannya kasus kekerasan seksual anak ini. Diminta peran aktif orang tua dalam mencegah dan memerangi tindakan kekerasan seksual terhadap anak.

"Peran aktif orang tua untuk mengawasi anak-anak menjadi peran penting dalam mengantisipasi kekerasan seksual terhadap anak dan kenakalan remaja yang kerap menjadi keluhan masyarakat," ucap Kapolresta.

Selain itu kata Kapolresta, pihaknya akan selalu berkomitmen dalam memberantas peredaran gelap segala jenis narkotika di Kota Batam," ujarnya.

Ia juga menegaskan kepada seluruh jajaran Polresta Barelang agar menjunjung netralitas dalam pesta demokrasi mendatang.

"Jajaran Polresta Barelang saya minta harus netral, jangan ada berpihak kepada paslon manapun." Imbuhnya diakhir acara. (Red).

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.