Upacara Hakordia Kejati Kepri, Ini Harapan Kejaksaan Agung RI Kepada Seluruh Jajaran


Keterangan : Kejaksaan Tinggi Kepri melaksanakan Apel Upacara Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) di Lapangan Kantor Kejaksaan Negeri Batam. Senin, (11/12/2023)
Batam, Rotasikepri.com - Dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia), Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kepulauan Riau melaksanakan Apel Upacara di Lapangan Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Batam. Senin, (11/12/2023).

Dalam amanat Kejaksaan Agung RI Burhanuddin yang dibacakan Kajati Kepri Dr Rudi Margono sebagai pimpinan apel upacara dengan tema “Maju Membangun Negeri, Tanpa Korupsi" mengatakan,

"Upacara Hakordia ini merupakan suatu komitmen nyata adanya keinginan untuk melakukan pemberantasan korupsi yang dapat memenuhi ekspektasi dan harapan besar publik, yaitu terciptanya Indonesia yang bersih dan bebas dari korupsi," kata Rudi

Dikatakan Rudi, tema yang diambil tersebut memiliki filosofi mendalam sebagai pelecut bagi setiap elemen masyarakat serta aparat penegak hukum untuk senantiasa bahu membahu, bersinergi, dengan semangat serta daya juang yang sama dalam memerangi kejahatan di Indonesia.

Selain itu, tema tersebut merupakan bentuk refleksi pola pikir serta pola tindak progresif dari setiap aparat penegak hukum khususnya jajaran tindak pidana
khusus untuk terus menyempurnakan pelaksanaan tugas penanganan perkara tindak pidana korupsi di seluruh penjuru negeri demi kemajuan pembangunan di
negeri ini.

Keterangan : Kepala Kejaksaan Tinggi Kepri Dr Rudi Margono pimpin langsung Apel Upacara Hakordia di Lapangan Kantor Kejari Batam.
Pernyataan tersebut bukanlah sebuah isapan jempol, berdasarkan laporan Indonesian Corruption Watch (ICW) pada 2022 lalu total potensi kerugian keuangan negara akibat tindak pidana korupsi ada pada kisaran Rp 42.747 Miliar (empat puluh dua tujuh ratus empat puluh tujuh miliar).

Tentunya, situasi tersebut diharapkan menjadi cambuk bagi setiap elemen bangsa untuk menyadari bahwa korupsi di negeri ini secara nyata telah menggerogoti pilar-pilar bangsa, bahkan dapat dikatakan tiada lagi aspek kehidupan di tanah air yang tidak membusuk akibat perilaku koruptif.

Mendasari hal tersebut, Kejaksaan Republik Indonesia sebagai garda terdepan yang memiliki peran penting dan vital dalam penegakan hukum harus mampu menangkap asa dan harapan masyarakat yang mendambakan pemerintahan yang bersih. 

Dimana hal tersebut, hanya dapat dicapai melalui upaya tidak berkesudahan untuk terus meningkatkan kinerja dan kualitas penanganan perkara dengan bertindak secara profesional dan proporsional serta selalu berpedoman pada ketentuan perundang-undangan.

"Saya ingin kejaksaan hadir di masyarakat
sebagai teladan serta figur yang memiliki
konsistensi serta integritas yang mumpuni dalam proses pemberantasan korupsi," harapan Kejaksaan Agung kata Rudi.

Keterangan : Kegiatan Penyuluhan Hukum dalam rangka Hari Korupsi Sedunia.
Lanjut kata Rudi, Kejaksaan Agung juga menyampaikan kepada jajaran tindak pidana khusus untuk senantiasa menjaga moral serta integritas dalam pelaksanaan tugas. 

"Moral dengan integritas adalah dua hal yang akan selalu berjalan secara linier, apabila seorang Jaksa memiliki moralitas yang baik, niscaya Jaksa tersebut akan
memiliki keteguhan untuk menjaga integritasnya dalam pelaksanaan tugasnya." Imbuh Rudi mengakhiri amanat Kejaksaan Agung.

Pada kesempatan ini, Kepala Kejaksaan Negeri Batam I Ketut Kasna Dedi juga menambahkan bahwa Kejari Batam selama ini telah secara masif melakukan pencegahan - pencegahan tipikor melalui penyuluhan dan penerangan hukum. 

"Kejari Batam secara rutin melakukan kegiatan-kegiatan penanaman anti korupsi sejak dini, melalui Jaksa Masuk Sekolah. Dan khusus peringatan HAKORDIA, kami mencoba mendengar keluh kesah masyarakat pesisir atau nelayan yang mungkin selama ini tidak pernah didengar suaranya," ujar Kasna 

Kata Kasna melanjutkan, kegiatan penyuluhan hukum yang sekaligus mendengar curhat para nelayan khususnya terkait bantuan-bantuan kepada para nelayan di Wilayah Batam." Tutupnya. (Red)

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.