Kelurahan Sei Jodoh Soft Launching "Si Jempol", Aplikasi Pengurusan Administrasi


Keterangan : Lurah Sei Jodoh M. Richo Tambusai S.STp., M.H. saat sesi wawancara dengan pewarta usai Acara Musrenbang Tingkat Kelurahan Tahun 2024 dan RKPD Tingkat Kota Batam 2025 di Food Court Pasific Place. Sabtu, (13/1/2024).
Batam, Rotasikepri.com - Dalam mempermudah masyarakat untuk pengurusan segala bentuk administrasi kependudukan. Kelurahan Sungai Jodoh, Kecamatan Batu Ampar melakukan terobosan baru dengan memperkenalkan aplikasi "Si Jempol". Sabtu, (13/1/2024) di Food Court Pasific Place.

Aplikasi "Si Jempol" ini, suatu sistem digital berupa WhatsApp untuk mempermudah proses pengajuan pengurus administrasi kependudukan masyarakat. Khususnya bagi masyarakat Kelurahan Sei Jodoh.

"Aplikasi ini berbentuk WhatsApp. Dimana, masyarakat tidak perlu ke kantor lurah untuk pengajuan segala bentuk pengurusan admistrasi kependudukan. Cukup menghubungi atau chatting ke Nomor Wa tersebut, maka pihak kelurahan akan mengarahkan sampai selesai," ungkap Lurah Sei Jodoh. M. Richo Tambusai S.STp., M.H. saat sesi wawancara dengan pewarta.

Lebih lanjut Lurah Jodoh katakan, soft launching aplikasi "Si Jempol" ini barengan dengan agenda acara musrenbang tingkat kelurahan sungai jodoh tahun 2024 dan RKPD Kota Batam tahun 2025.

"Soft launchingnya barengan dengan agenda acara musrenbang tingkat kelurahan," kata Lurah Jodoh.

Ia (Lurah Jodoh) juga menjelaskan bahwa masyarakat cukup memfoto dokumen yang di butuhkan sesuai persyaratan pengajuan dan cukup di kirim melalui WhatsApp tersebut.

"Tadi kita sudah lihat cara memfoto dokumen dengan benar, lalu dikirim melalui WhatsApp. Dengan begitu masyarakat tidak perlu ke kantor lurah, tunggu selesai dan tinggal ambil di Kelurahan," tambah Lurah Jodoh.

Keterangan : Acara Musrenbang Tingkat Kelurahan Tahun 2024 dan RKPD Kota Batam Tahun 2024.
Aplikasi ini juga akan disosialisasikan pihak kelurahan kepada masyarakat, agar masyarakat mengetahui cara pengunaannya.

"Saat ini kita sudah menyebar stiker barcode dan Nomor WhatsApp aplikasi "Si Jempol", secepatnya akan kita sosialisasikan kepada masyarakat," ujar Lurah lagi.

Dikesempatan ini juga, Lurah Jodoh menerangkan bahwa dalam tahun 2024 sebanyak 14 kegiatan pemberdayaan yang akan direalisasi. Diantaranya lima non fisik dan untuk tahun 2025, Kelurahan Sei Jodoh mengajukan 15 kegiatan pemberdayaan.

"Ada 14 kegiatan pemberdayaan yang akan terealisasi untuk non fisik ada lima, sedangkan pada tahun 2025 ada 15 kegiatan yang akan diajukan." Imbuhnya.

Dalam acara, terlihat juga hadir Walikota Batam H. Muhammad Rudi didampingi istri Hj Marlin Agustina Rudi yang juga selaku Ketua penggerak PKK Kota Batam, Sekda Kota Batam Jefridin Hamid dan beberapa OPD Kota Batam serta Camat Batu Ampar Ridwan Nur Salatsa hingga Lurah Se-Kecamatan.

"Dalam menjaring aspirasi masyarakat demi kemajuan pembangunan, maka kita mulai dari tingkat kelurahan sampai ke tingkat Kota," ujar Hj. Marlin Agustina Rudi yang juga selaku Wakil Gubernur Kepri saat memberikan kata sambutan. 

Selain pembangunan, pemerintah juga fokus dalam pembinaan sumber daya manusia dengan program-program pelatihan." Imbuh Hj. Marlin. (Red).

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.